Download Bahan Bulan Budaya & Bahasa GMIT 2017

Bahasa dan Budaya Sebagai Sarana Pembaharuan

Kata Pengantar

Bulan Mei ditetapkan oleh GMIT sebagai Bulan Bahasa dan Budaya. Sepanjang bulan ini, GMIT bermaksud membangun pemahaman dan aksi iman bersama terkait Bahasa dan Budaya. Dengan ditetapkannya bulan Mei sebagai Bulan Bahasa dan Budaya, maka diharapkan ibadah-ibadah lain yang menggunakan nuansa budaya (seperti pada Bulan Keluarga atau Paskah) dialihkan pada bulan Mei ini. Dengan demikian, fokus pemaknaan dari ibadah itu (bulan Keluarga dan Paskah) tidak bergeser atau bertambah dengan nuansa budaya itu.

Bahan yang disajikan dalam buku ini terdiri dari kerangka khotbah, tata ibadah dan lampiran. Kerangka khotbah yang disajikan ini terdiri dari latar belakang teks, tafsiran dan pokok-pokok aplikasinya. Untuk latar belakang teks dan aplikasinya dapat dilengkapi dengan nilai budaya dari etnis yang bersangkutan. Untuk tata ibadah dapat dilihat pada penjelasannya di awal Bahan Tata Ibadah. Sedangkan Lampiran berisi Pengakuan Iman, Doa Bapa Kami, ayat-ayat berkat, nas Alkitab sesuai khotbah dan yang tercantum dalam tata ibadah dari berbagai bahasa di NTT.

Perkenankanlah kami mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan sepelayan yang ikut ambil bagian dalam pembuatan bahan ini, yaitu: Pdt. Dr. Adriana Tunliu, Pdt. Dr. Mery L.Y. Kolimon, Pdt. Johny E. Riwu Tadu, S.Th, M.Sn, Pdt. Maria A. Litelnoni-Johannes, MA dan Pdt. Dr. Lintje H. Pellu, sebagai penyusun bahan kerangka khotbah dan Pengurus Pengembangan Liturgi dan Musik Gereja, khususnya Pdt. Samuel Pandie, S.Th, sebagai penyusun bahan tata ibadahnya.  Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Ben Grimes dari UBB GMIT yang melengkapi bahan-bahan dari etnis-etnis yang ada di NTT.

Kiranya Bahan Bulan Bahasa dan Budaya 2017 ini dapat digunakan dengan baik dan memberikan inspirasi bagi penyelenggaraan ibadah di Jemaat-jemaat kita. Kami berharap dengan hadirnya bahan ini, penghayatan iman kita tentang Bahasa dan Budaya semakin mendorong kita untuk berkarya bagi keselamatan dunia di sekitar kita sesuai konteks kehidupannya masing-masing. Tuhan memberkati!

 

Tim Penyusun

April 2017

Catatan: Untuk mendownload bahan ini bisa dilihat pada kolom Attachment dibawah ini.
Versi PDF -> Download
Versi Word Document -> Download

Attachments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *