MATERI MINGGU ADVENT-TAHUN BARU

Tema:

“Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat,

yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud.”

(Lukas 2:11)

 

Majelis Sinode Harian GMIT

2016

Kata Pengantar

Rasa syukur kami panjatkan kepada Tuhan, sang Sumber Damai, yang membuat kita semua dimampukan berkarya bagi kemuliaan nama-Nya. Tuhan juga menghantar kita kembali memasuki perayaan Minggu-minggu Adven sebelum merayakan Natal 2016. Rasanya waktu berjalan makin cepat. Di tengah begitu banyaknya tanggung jawab yang harus kita pikul, kita bersyukur Tuhan memberikan kekuatan untuk menyelesaikannya. Begitu  pula dengan bahan Minggu-minggu Adven dan Natal yang tersaji ini. Semoga dengan hadirnya bahan ini semangat membangun damai terus menguasai hati kita.

Adven adalah masa menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali dan sekaligus mempersiapkan Natal (kisah kelahiran Yesus) atau Epifania (kisah awal pelayanan Yesus).  Makna kedua hari raya tersebut mengandung arti eskatologi, di mana gereja-gereja mengungkapkan kerinduannya akan kedatangan Tuhan pada masa Adven dan kesiapannya menyambut Natal.

Bahan ini menjadi relevan di tengah berbagai kekerasan yang hadir dalam hidup bersama kita. Kekerasan itu, sadar atau tidak, juga kerap hadir dalam kehidupan persekutuan kita, baik keluarga maupun gereja; di samping kekerasan dalam pelbagai rupa yang terjadi dalam kehidupan bangsa dan negara kita, terutama menghadapi Pilkada serentak pada Februari 2017 mendatang.

Bahan yang disajikan dalam buku ini adalah bahan khotbah, bahan liturgi dan bahan kategorial. Bahan ini dimulai dengan Minggu Adven kedua, karena Minggu Adven yang pertama sudah diterbitkan dalam Bahan Bulan Lingkungan untuk Minggu, 27 November 2016.

Bahan ini tersaji berkat dukungan berbagai pihak. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Pdt. Jahja A. Millu, S.P, S.Th, Pdt. Richard B. Mengi, S.Th, Pdt. Marthen Adu, M.Th, Pdt. Nicolas St.E. Lumba Kaana, M.Th, Liberta M. Fobia, S.Si (Teol), Pdt. Emille R. Hauteas, S.Si, Pdt. Maria A. Litelnoni-Johannes, MA dan Pdt. Johny E. Riwu Tadu, S.Th, M.Sn.

Kami berharap dengan hadirnya bahan ini, semangat membangun kedamaian terus hadir dalam kehidupan bersama  kita, karena “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” (Lukas 2:11). Soli Deo Gloria!

 

Majelis Sinode Harian GMIT

Ketua,

 

Pdt. Dr. Mery L.Y. Kolimon

Sekretaris,

Pdt. Yusuf Nakmofa, M.Th

 

*: Download atau Baca Bahan Adven Natal GMIT 266 disini

Attachments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *