Tata Ibadah Bulan Keluarga 2014

Tema: Keluarga sebagai Pewaris Pelayanan Gereja

TATA IBADAH

BULAN KELUARGA

2014

Tema

KELUARGA SEBAGAI BASIS

PELAYANAN GEREJA

Oktober 2014

 

Minggu, 05 Oktober 2014

Tema :“Keluarga yang Setia kepada Firman Allah”

PANGGILAN BERIBADAH

P.2:  Syalom dan selamat bertemu kembali dalam Ibadah hari ini. Jemaat yang dikasihi Tuhan……kini kita telah berada  di bulan Oktober  2014 – bulan di mana dalam persekutuan kita di lingkungan GMIT kita akan merayakan sejumlah peristiwa penting yaitu : Kita merayakan Bulan Keluarga, HUT GMIT ke-67 dan Reformasi. Tema Bulan Keluarga tahun ini adalah “KELUARGA SEBAGAI BASIS PELAYANAN GEREJA”.  Dalam terang tema ini kita akan dibimbing dengan 4 sub tema sepanjang bulan ini, yaitu :

  1. Keluarga yang setia pada Firman Allah
  2. Keluarga yang gemar melakukan kebenaran
  3. Keluarga sebagai “pangkalan Pekabaran Injil”
  4. Keluarga yang selalu berada dalam relasi yang akrab dengan Tuhan

Marilah kita memasuki Ibadah Bulan Keluarga hari ini.

J       : Berdiri, Menyanyi KJ. 3 : 1,4    “Kami Puji dengan Riang…..”

VOTUM DAN SALAM

P.1       : Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Pertolongan dan keselamatan dari Allah Tritunggal akan tetap ada dalam rumah setiap orang yang percaya. Damai-Nya menyertai saudara-saudari sekalian.

J           : Dan menyertaimu juga. (Duduk)

NATS PEMBIMBING

P.1       : Mengucapkan Nats Pembimbing…….

J           : Menyanyi, KJ. 7 : 1,4     “Ya Tuhan kami Puji Nama-Mu besar…..”

PENGAKUAN DOSA

P.3       : Marilah dengan segenap hati kita merendahkan diri dan mengaku segala dosa dihadapan Tuhan. Marilah kita berdoa : Ya Tuhan yang mahatahu, Engkau mengetahui dan mengenal setiap kami anak-anak-Mu, betapa kami tidak bisa bersembunyi dan menyembunyikan segala perbuatan kami yang jahat dihadapan-Mu. Dihadapan-Mu kami tertunduk penuh rasa malu karena keberdosaan kami. Kami bukanlah anak-anak-Mu yang baik, ya Tuhan.

Bpk2  : Kami telah berjanji kepada-Mu untuk tetap saling menjaga, setia, penuh cinta dalam segala hal, baik dalam suka maupun duka, baik dalam untuk maupun malang. Namun…ternyata kami sering melupakan janji-janji itu. Ampuni kami ya Tuhan.

Ibu2   : Kami menaruh harapan bagi masadepan putera-puteri kami, namun kami tidak setia untuk mendoakan mereka. Kami gagal untuk bersyukur bersama anak-anak kami tiap-tiap hari. Kami dipenuhi perasaan dan pikiran yang negatif, amarah dan kekerasan terhadap mereka. Kasihani dan ampuni kami ya Allah, ya Tuhan kami.

Anak2 : Ya Tuhan yang mahabaik, banyak kali telinga kami tuli terhadap suara kebenaran-Mu. Lidah kami dipenuhi kebohongan, kaki kami serong, pikiran kami dipenuhi hal-hal kesenangan yang sia-sia, mata kami buta akan kebaikan dan kami tak peduli dengan hal-hal yang Engkau kehendaki. Ampunilah kami, Ya Tuhan, kembalikan kami pada jalan-Mu, agar kami hanya melihat apa dan melakukan apa yang Engkau kehendaki.

P.3    : Ya Tuhan, kami menengadah kepada-Mu, memohon berkat-Mu, untuk melunakkan hati kami yang keras, meluruskan jalan kami yang bengkok, didalam nama Tuhan Yesus, Amin.

J           : Menyanyi, KJ. 26 : 1  “Mampirlah Dengar Doaku…..”

BERITA ANUGERAH

P.1   : Tuhan Yesus sudah datang kedalam dunia untuk merubah setiap orang yang mau berubah, Ia melakukan mujizat dalam kehidupan kita. Hanya di dalam Dia-lah kita dapat merubah keadaan dari kehidupan dalam kematian menjadi kehidupan yang menikmati keselamatan yang kekal.

J           : Segala Puji, Hormat dan Kemuliaan bagi-Nya. Amin.

P+J      : Menyanyi, KJ. 51 : 1    “Mahakasih yang Ilahi…..”

PUJI – PUJIAN        (Jemaat berdiri)

P.4       : Marilah kita Memuji Tuhan secara berbalas-balasan menurut Mazmur 1:1-6.    (Duduk)

PEMBERITAAN FIRMAN

P.4       : Berdoa & Membaca Alkitab………………”Demikian Firman Tuhan”

P.1       : Berbahagialah…………………………………..Haleluyah.

J           : (Menyanyi) Haleluyah 3X.

P.1       : Berkhotbah.

PENGAKUAN IMAN    (Jemaat berdiri)

P.1       : Marilah, bersama semua orang Percaya………………………….kita mengucapkan Pengakuan Iman (menurut Pengakuan Iman Rasuli) demikian :

J           : Aku Percaya kepada Allah, Bapa yang mahakuasa……….

P+J      : Menyanyi, KJ.440 : 1   “Di Badai tofan dunia…..”        (Duduk)

PERSEMBAHAN

Dkn     : Berdoa…..

J           : Menyanyi, KJ. 367 : 1, dst    “Pada-Mu Tuhan dan Allah-ku….”

DOA SYAFAAT

WARTA JEMAAT

PUJIAN PENUTUP                (Jemaat berdiri)

P+J      : Menyanyi, KJ.  : 1,3    “Bila Sangkakala menggegap…..”

BERKAT

P.1       : Anugerah Allah Bapa yang besar senantiasa melindungimu dan keluargamu, Berkat Tuhan nyata dalam hidupmu dan terus bertambah dalam hidup, tugas dan karyamu, Keselamatan dari Tuhan kita Yesus Kristus menjadi alas kakimu dan tudung di atas kepadamu ketika engkau berjalan, dan penghiburan Roh Kudus menyertai dan menguatkan kamu. Kasih dan janji-Nya menyertaimu dan keluargamu dari sekarang sampai selama-lamanya.

J           : (Menyanyi) Amin, Amin, A—min.

TUHAN ALLAH BESERTA ENGKAU……

 

Minggu, 12 Oktober 2014

Tema : “Keluarga yang gemar melakukan kebenaran”

PANGGILAN BERIBADAH :

P.2       : Jemaat yang kekasih………patut kita menaikan Puji Syukur kehadirat Allah Tritunggal – Bapa, Putera dan Roh Kudus – karena pimpinan dan penyertaan-Nya kita telah berada di Bulan Keluarga tahun 2014. Selama sebulan penuh kita akan merenungkan dengan sungguh-sungguh tugas dan panggilan setiap keluarga Kristen dalam kehidupan berkeluarga, berjemaat dan bermasyarakat. Selama sebulan penuh kita akan belajar dari Firman Allah untuk memantapkan jatidiri kita sebagai keluarga-keluarga Kristen. Marilah dengan sukacita kita membersiapkan diri untuk memasuki Ibadah Minggu II bulan Keluarga tahun ini.

J           : Berdiri, Menyanyi KJ. 64:1,2   “Bila Kulihat Bintang Gemerlapan…”

P.2       : Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja,

J           : dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.

P.2       : Setiap hari aku hendak memuji Engkau,

J           : dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.

P.2       : Besarlah TUHAN dan sangat terpuji,

J           : dan kebesaran-Nya tidak terduga.

P.2       : Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu

J           : dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.

P.2       : Semarak kemuliaan-Mu yang agung

J           : dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.

VOTUM DAN SALAM

P.1       : Pertolongan bagi kita dalam Ibadah saat ini adalah di dalam Nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi, yang memelihara kesetian-Nya sampai selama-lamanya, dan yang tidak pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya. Kasih karunia dan damai sejahtera-Nya menyertai dan mempersatukan kita dalam Ibadah saat ini.

J           : Ya, Allah beserta kita dari sekarang sampai selama-lamanya, Amin.  (Duduk)

NATS PEMBIBMBING

P.1       : Mengucapkan Nats Pembimbing……….

J           : Menyanyi, KJ.18:1-3   “Allah hadir bagi kita….”

PENGAKUAN DOSA & BERITA ANUGERAH

P.3       : Jemaat Tuhan yang kekasih………….marilah kita merendahkan diri dihadapan Tuhan Allah dan hendaklah masing-masing mengakui segala dosanya dan memohon keampunan dari pada-Nya.

(……saat teduh beberapa menit untuk setiap orang berdoa…..)

Marilah kita berdoa…… Ya Bapa yang penuh dengan kasih setia dan rahmat, kami mengaku dihadapan hadirad-Mu bahwa kami adalah orang-orang yang berdosa, yang tidak mengindahkan kehendak-Mu sepanjang hidup kami, dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kami. Dengan penuh penyesalan kami mohon kepada-Mu ya Bapa, sudilah ampuni kami….dan layakkan kami menjadi anak-anak-Mu, menjadi anggota keluarga Allah. Dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami, kami memohon semuanya ini, Amin.

J           : (Menyanyi) NKB. 14:1-4   “Jadilah Tuhan kehendak-Mu….”

P.1       : Sebagai Hamba Yesus Kristus, saya menyampaikan berita anugerah Allah kepada barangsiapa yang mengakui segala dosa dan kejahatannya dihadapan Allah, serta memohon kelepasan dari pada-Nya. Beginilah Firman Allah : “ Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal “.

J           : (Menyanyi)  NKB. 17:1-3   “Agunglah Kasih Allahku…..”

PEMBACAAN MAZMUR    (Jemaat berdiri)

P.4.      : Marilah kita berbalas-balasan mengucapkan Mazmur 128 ……….

P.1       : (Menyanyi) KJ. 48:1   “Kemuliaan bagi Bapa….”

PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

P.4       : Berdoa dan Membaca Alkitab…………….

P.1       : Berbahagialah………………………………….. Haleluyah

J           : (menyanyi) Haleluyah 3X

P.1       : Berkhotbah

PENGAKUAN IMAN

P.1       : Bersama dengan semua orang percaya…………….kita mengucapkan Pengakuan Iman menurut Pengakuan Iman Rasuli. Hendaklah masing-masing berkata…… AKU PERCAYA kepada Allah, Bapa yang mahakuasa……..dst.

PERSEMBAHAN SYUKUR

Diaken: Marilah kita menyatakan syukur kita kepada Tuhan melalui persembahan syukur kita masing-masing, dengan memperhatikan Firman-Nya : …….baca Roma 12:1,2…..

J           : Menyanyi NKB. 133   “Syukur Pada-Mu ya Allah”

DOA SYAFAAT

WARTA JEMAAT

PENGUTUSAN DAN BERKAT   (Jemaat berdiri)

J           : (Menyanyi)   KJ. 318:1-2   “Berbahagia tiap rumah tangga…..”

P.1       : Jemaat Tuhan yang kekasih……Ibadah kita hari ini akan segera berakhir,namun hendaklah Firman Allah yang  telah kita dengar hari ini menjadi pedoman hidup bagi kita semua dalam minggu yang baru ini, supaya kita dapat menjadikan diri dan bahkan keluarga kita menjadi Keluarga yang setia kepada Firman Allah. Arahkanlah hatimu kepada Tuhan…..pulanglah kedalam rumahmu dengan selamat, terimalah olehmu berkat Tuhan :Tuhan Allah memberkati saudara dan melindungi saudara, Tuhan Allah menyinari saudara dengan wajah-Nya dan memberi saudara kasih karunia, Tuhan Allah menghadapkan wajah-Nya kepada saudara dan memberi saudara damai sejahtera.

J           : (Menyanyi) Amin, Amin,A—–min.

Saat  Teduh:  (Jemaat duduk, masing-masing berdoa………)

J           : (Menyanyi) NKB. 188:1-3   “Tiap langkahku……”

(saling berjabatan tangan).

 

 

Minggu, 19 Oktober 2014

Tema : Keluarga sebagai “pangkalan Pekabaran Injil”

PERSIAPAN

P.2     : Jemaat yang kekasih…..setiap orang dan setiap keluarga patut bersyukur senantiasa atas segala berkat yang diberikan oleh Tuhan kepadanya, termasuk berkat kehidupan yang sedang berlangsung saat ini. Itu berarti, kehidupan yang Tuhan berikan kepada kita mesti dijalani dengan penuh penyerahan diri kepada-Nya. Sebagai tanda bahwa kita menyerahkan diri kepada-Nya, maka penyembahan kita kepada-Nya, dan kesetiaan untuk melakukan kehendak-Nya adalah suatu keharusan. Marilah kita memasuki Ibadah minggu II di bulan keluarga 2014 hari ini dengan sukacita.

J           : Berdiri, Menyanyi PKJ.13:1-3  “Kita masuk rumah-Nya….”

VOTUM DAN SALAM

P.1       : Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Turunlah kiranya  atas saudara-saudari sekalian anugerah dan selamat dari Allah Bapa, dari Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat kita serta dari Roh Kudus.

J           : Amin.

P.1.      : Salam damai sejahtera dari Allah yang mahatinggi bagi kamu sekalian.

J           : Dan bagimu juga.  (duduk).

NATS PEMBIMBING

P.1     : Membaca Nats Pembimbing……dikahiri dengan mengatakan : Demikianlah Sabda Allah yang mengasihi kita dan keluarga kita.

J           : Syukur kepada Allah

J           : (Menyanyi) KJ.20:1-3   “O  hari istirahat….”

PENGAKUAN DOSA

P.3     : Marilah kita merendahkan diri dihadapan Tuhan Allah, dan mengakui segala dosa kita kepada-Nya ……….(saat teduh beberapa menit)….

P.3       : Marilah kita berkata kepada Allah bahwa kita selalu tidak setia dan  melanggar titah dan kehendak-Nya….

J         : Sebagai sebuah keluarga kami seringkali tidak bertanggungjawab untuk membangun kehidupan keluarga kami dalam kesetiaan dan ketaatan kepada-Mu, kami mengabaikan berbagai tugas dan kewajiban pokok kami sebagai keluarga yang percaya kepada-Mu. Kami lebih taat kepada nafsu dan keinginan-keinginan kami sehingga kami telah melawan kehendak-Mu dalam segala hal. Karena itu kami kepada-Mu ya Allah, kasihanilah kami, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami memohon, Amin.

J           : Menyanyi, PKJ. 43:1,4     “Tuhan, kami berlumuran dosa…..”

BERITA ANUGERAH

P.1     : Sesungguhnya, Tuhan itu Pengasih dan Penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Ia yang mendengar pengakuanmu akan memberikan pemulihan bagimu.

J           : Menyanyi, KJ. 40:1   “Ajaib benar anugerah….”

PUJI-PUJIAN

P.4       : Jemaat berdiri, secara berbalas-balasan membaca Mazmur 108

PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

P.5       : Berdoa dan membaca Alkitab……………”Demikian Firman Tuhan”.

P.1       : Berbahagialah………………………………….Haleluyah.

J           : (Menyanyi) Haleluyah 3X

P.1       : Berkhotbah

PENGAKUAN IMAN  (Jemaat berdiri)

P.1   : Marilah kita mengucapkan Pengakuan Iman, bersama-sama dengan semua orang percaya di setiap waktu dan tempat.

P+J      : Aku Percaya kepada Allah, Bapa yang mahakuasa……….dst.

P+J      : (Menyanyi)  PKJ.126 : 1  “Hanyalah Yesus Juruselamat…..”   (duduk)

PERSEMBAHAN SYUKUR

Dkn     : Berdoa

J           : (Menyanyi)  NKB.133    “Syukur pada-Mu, ya Allah…..”

DOA SYAFAAT

WARTA JEMAAT

PENGUTUSAN DAN BERKAT   (Jemaat berdiri)

P.1     : Firman Allah yang telah kita dengarkan hari ini, haruslah kita lakukan dengan penuh sukacita…….setiap orang, bahkan setiap keluarga mesti berusaha untuk menjadi Keluarga yang gemar melakukan kebenaran yang Allah kehendaki.

J           : Kami siap menjasi saksi Kristus. Terpujilah Nama-Nya.

P+J      : (Menyanyi)   KJ. 436:1-3   “Lawanlah godaan…..”

P.1       : Pulanglah dengan selamat, jadilah berkat di manapun kamu berada. Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, kasih Allah Bapa dalam persekutuan Roh Kudus menyertai bapak/ibu/saudara/i sekalian dari sekarang sampai selama-lamanya.

J           : (Menyanyi) Amin 3X

J           : (Menyanyi) KJ. 346:1,2  “Tuhan Allah beserta engkau…..”

Sambil bersalaman

 

Minggu, 26 Oktober 2014

Tema : “Keluarga yang selalu berada dalam relasi yang akrab dengan Tuhan”

PERSIAPAN

P.2    : Jemaat Tuhan…….marilah kita mempersiapkan diri untuk memasuki Ibadah minggu IV di bulan keluarga tahun ini dengan penuh sukacita. Dalam ibadah ini kita kembali merenungkan salah satu fungsi keluarga Kristen yaitu menjadi “pangkalan” untuk Pekabaran Injil. Maksudnya adalah, bahwa setiap keluarga harus berperan untuk memberitakan Injil, khabar keselamatan dari Allah kepada dunia, mulai dari lingkungan keluarga itu sendiri. Dalam pemahaman seperti ini, maka dalam arti tertentu semua anggota keluarga adalah para pekhabar Injil. Dengan demikain maka kita semua yang berkumpul dan beribadah saat ini adalah para Pekhabar Injil. Marilah kita memulai Ibadah kita hari ini sebagai ungkapan syukur kepada Allah sekaligus penyerahan diri kita kepada-Nya. Selamat beribadah, Allah beserta kita.

J           : Berdiri, Menyanyi PKJ. 17:1-3    “Mari kita Puji……”

VOTUM DAN SALAM

P.1       : Dalam Nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Allah sumber sukacita dan damai sejahtera mengasihimu, keluarga dan rumah tanggamu senantiasa.

J           : Ya, Allah mengasihi kita, dan keluarga kita.      (duduk)

NATS PEMBIMBING

P.1.      : Membaca nats pembimbing………

J           : (Menyanyi) NKB. 188:1-3   “Tiap Langkahku…….”

PENGAKUAN DOSA

P.3    : Marilah dengan segenap hati, kita merendahkan diri dan mengaku segala dosa kita dihadapan Tuhan…………..(saat teduh beberapa menit)……… Ya tuhan yang mahakuasa, Engkau bijak dalam keputusan dan rencana-Mu tidak pernah gagal. Kami merendahkan diri dihadapan-Mu dan berseru : Kasihanilah kami menurut kasih setia-Mu, ya Tuhan. Hapuskanlah pelanggaran-pelanggaran kami semua, ya Bapa.

Bpk2 dan Ibu2 : Sebagai suami-isteri, orangtua dalam keluarga, kami seringkali gagal untuk saling menghormati, padahal kami telah berjanji dihadapan-Mu untuk saling menghormati. Kami selalu salah dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kami. Seringkali kami melakukan tindak kekerasan satu terhadap yang lain, juga terhadap anak-anak yang Engkau karuniakan kepada kami. Kami sadar bahwa kami belum berhasil menjadi orangtua terbaik bagi anak-anak kami, terutama dalam mengajar dan membawa mereka untuk semakin dekat dan taat kepada-Mu. Kami mohon kepada-Mu ya Tuhan, ampunilah segala dosa dan kelemahan kami.

P.3       : Basuhlah kami ya Tuhan, baharuilah kami ya Roh Kudus. Hidupkanlah semangat yang patah dan murnikanlah cinta kasih dan sukacita Ilahi didalam kami supaya kami  layak untuk berseru kepada Engkau ya Allah, Juruselamat dan Penebus dunia, amin.

P+J      : (Menyanyi) KJ. 293:1    “Puji Yesus…..”

BERITA ANUGERAH

P.1       : Sebagai Hamba Yesus Kristus…..saya menyampaikan berita anugerah Allah…….Janganlah takut, sebab Aku (Tuhan Allah-mu) telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau adalah kepunyaan-Ku.

J           : (Menyanyi) NKB. 34:1      “Setiamu, Tuhanku, tiada bertara……”

PUJI-PUJIAN  (Jemaat berdiri)

P.4       : Berbalas-balasan membaca Mazmur 100

P+J      : (Menyanyi) KJ. 349   “Haleluyah, Pujilah Tuhanmu…….”   (duduk)

PEMBERITAAN FIRMAN

P.5       : Berdoa dan membaca Alkitab……………….. “Demikianlah Firman Tuhan”.

P.1       : Berbahagialah………………………Haleluyah.

J           : (Menyanyi) Haleluyah 3X

P.1       : Berkhotbah

PENGAKUAN IMAN    (Jemaat berdiri)

P.1       : Marilah kita mengucapkan Pengakuan Iman………..

P+J      : Aku Percaya kepada Allah,  Bapa yang mahakuasa………..dst.

P+J      : (Menyanyi) KJ. 392 : 1    “Kuberbahagia…….”   (duduk)

PERSEMBAHAN SYUKUR

Dkn     : Berdoa

J           : (Menyanyi)  PKJ. 146 : 1-3    “Bawa Persembahanmu……”

DOA SYAFAAT

WARTA JEMAAT

PUJIAN PENUTUP   (Jemaat berdiri)

J           : (Menyanyi)  NKB. 133 : 1-3   “Syukur pada-Mu ya Allah……”

BERKAT

P.1       : Pulanglah dengan selamat, terimalah berkat Tuhan : Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, kasih Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus menyertai saudara-saudari sekalian, sekarang sampai selama-lamanya. Amin.

J           : (Menyanyi) Amin 3X.

J           : (Menyanyi)  KJ. 410:1,2    “Tenanglah kini hatiku……..”

Sambil bersalaman

 

HARI ULANG TAHUN GMIT KE-67

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *