TATA IBADAH BULAN KELUARGA GMIT – OKTOBER 2012

TATA IBADAH BULAN KELUARGA GMIT

OKTOBER 2012

 

AJAKAN BERIBADAH

Penatua/Diaken  :  Jemaat diundang berdiri dan menyanyi KJ No.1:1-2

(Prosesi pelayan memasuki ruang kebaktian didampingi oleh Majelis Jemaat. Penyerahan alkitab di tangan, selanjutnya pelayan naik ke mimbar)

 

VOTUM DAN DALAM

Pelayan                :  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dari Yesus Kristus, Tuhan kita, serta pertolongan Roh Kudus menyertai saudara sekalian.

Jemaat                 :  Amin, ya amin. (Jemaat duduk)

 

NATS PEMBIMBING

Pelayan                :  Membaca nats yang telah dipilih

Jemaat                 :  Menyanyi KJ No.305:1-2

 

PENGAKUAN DOSA

Penatua             : Jemaat yang dikasihi Tuhan, jikalau kita memeriksa kehidupan kita, maka sebagai pribadi maupun keluarga Kristen, kita harus akui bahwa seringkali kita tidak melaksanakan kehendak Tuhan sebagaimana yang dikehendaki-Nya. Hubungan antar sesama anggota keluarga tidak lagi dipenuhi kasih. Oleh karena itu marilah kita merendahkan diri di hadapan Tuhan dan mengaku segala dosa kita. Marilah kita berdoa:

Allah yang kekal, pengasih dan penyayang, setelah kami selidiki hari kami maka kami mengaku dengan jujur bahwa sebagai anak-anak kami telah berdosa kepada Tuhan dan kepada papa dan mama kami. Kami tidak bersedia ditegur, dinasehati dan diajar oleh ajaran Kristus. Karena itu kami mohon kepada-Mu

Anak-anak         : Kasihanilah kami dan ampunilah kami

Seorang Bapak  : Selaku suami, kami tidak melaksanakan janji nikah yang

(suami)                pernah kami ikrarkan di depan jemaat dan di hadapan Tuhan yakni mengasihi, melayani dan menghormati istri kami sebagaimana yang difirmankan Tuhan. Karena itu kami mohon kepada-Mu

Bapak-bapak     : Kasihanilah kami dan ampunilah dosa-dosa kami

Seorang ibu       : Sebagai istri, kami kurang berperan sebagai seorang istri

(Istri)                    Kristen yang baik. Kami tahu bahwa yang Tuhan kehendaki dari kami adalah menghormati, melayani dan mengasihi suami kami dalam segala keadaan namun kami tidak melaksanakannya. Kami juga kurang berperan dengan baik sebagai ibu bagi anak-anak yang Tuhan anugerahkan kepada kami. Karena itu kami mohon kepada-Mu:

Ibu-ibu               : Ampunilah akan segala kesalahan kami, ya Tuhan

Pelayan             : Ya Tuhan, dengarkanlah doa kami dan ampunilah dosa-dosa yang telah kami akui kepada-Mu dalam nama Kristus. Amin.

Jemaat              : Menyanyi KJ No: 27:1-2

 

BERITA ANUGERAH ALLAH/AMANAT HIDUP BARU

Pelayan             : (Mempersilahkan jemaat berdiri dan membaca amanat hidup baru sebagaimana yang tertulis dalam Matius 22:37-40 atau Roma 13:8-10 atau I Yohanes 1:8-9. Dapat dibacakan bersama jemaat)

Jemaat              : Menyanyi KJ No. 37a:3

 

PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

 

PELAYANAN FIRMAN

Penatua             : Berdoa dan membaca bagian pembacaan alkitab

Pelayan             : Berbahagialah setiap orang yang membaca, mendengar dan terlebih berbahagia yang mau melaksanakannya dalam hidup hari lepas hari.

Jemaat              : Menyanyi KJ No. 54:4

Pelayan             : Berkhotbah

 

PENGAKUAN IMAN (Jemaat berdiri)

Pelayan             : Marilah kita bersama-sama mengucapkan pengakuan iman rasuli bersama dengan setiap orang percaya pada segala waktu dan tempat.

P + J                   : Aku percaya………..

Jemaat              : Menyanyi KJ No. 281:3              (Jemaat duduk)

 

PERSEMBAHAN SYUKUR

Diaken               : Marilah kita memberikan persembahan syukur kita kepada Tuhan Allah dengan menghayati kata-kata Firman Tuhan: “Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.”

Jemaat              : Menyanyi KJ No.60:1-dst

(Kantong persembahan diedarkan)

Diaken               : Jemaat dipersilahkan berdiri dan marilah kita berdoa :

Ya Tuhan, terimalah persembahan kami sebagai ungkapan syukur dan kesediaan kami untuk mempersembahkan tubuh dan roh kami, bahkan seluruh hidup kami sehari-hari bagi kemuliaan-Mu, ya Tuhan. Amin.

 

PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

DOA SYAFAAT

WARTA JEMAAT

PUJIAN PENUTUP

Jemaat              : Menyanyi KJ No. 416:1-2

 

PENGUTUSAN

Pelayan             : Saudara-saudari kekasih dalam Tuhan Yesus, berdasarkan Firman Tuhan yang kita dengar, kiranya kita tetap menjadi saksi Kristus di tempat di mana kita berada melalui pikiran, perkataan dan perbuatan sebagai pengamalan hidup yang baru.

 

BERKAT

Pelayan             : Arahkanlah hati dan pikiranmu kepada Tuhan dan terimalah olehmu berkat Tuhan. TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;  TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Jemaat              : Amin…Amin….Amin….

 

Syalom

Selamat merayakan bulan keluarga 2012

 

TATA IBADAH BULAN KELUARGA GMIT

OKTOBER 2012

 

PERSIAPAN

(Oleh Majelis Jemaat di konsistori)

 

SERUAN IBADAH

Penatua             : Selamat datang pada ibadah bulan keluarga. Kita datang untuk beribadah tetapi mengapa dan apa yang kita lakukan di sini, hari ini? Apa yang kita harapkan? Apakah semua ini dapat mempengaruhi kita untuk tetap bersatu dalam keluarga, dalam jemaat, bahkan di tengah-tengah masyarakat?

Bapak, ibu, bayangkan seperti apa hidup kita jika kita tidak hidup bersama-sama?

Tidak ada kehidupan yang tak berada dalam suatu persekutuan.

Tidak ada persekutuan yang tidak hidup dalam memuji Tuhan.

Karena itu saya jemput kita berdiri untuk menyambut kebaktian keluarga hari ini dengan memuliakan nama Tuhan. (Jemaat berdiri)

Jemaat              : Menyanyi KJ No.1:1-2

 

PENYALAAN LILIN KELUARGA

(Tiap batang lilin dinyalakan oleh seorang bapak, seorang ibu dan dua orang anak)

Bapak                : Lilin-lilin ini mengingatkan kita bahwa Allah membawa terang ke dalam dunia yang gelap dan memanggil kita untuk menjadi terang dunia.

 

VOTUM SALAM

Pelayan             : Kebaktian bulan keluarga saat ini berlangsung dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Tuhan menyertai saudara-saudari sekalian.

Jemaat              : Dan menyertaimu juga. (Jemaat duduk)

 

NATS PEMBIMBING

Pelayan             : Membacakan nats pembimbing

Jemaat              : Menyanyi KJ No. 4:1-2

 

PENGAKUAN DOSA

Pelayan             : Allah yang pengasih, kalau hati kami seumpama ruangan maka kami mengakui bahwa di dalam hati kami selalu ada ruang-ruang rusak yang tidak pernah ditambal dan ruang-ruang kosong yang tidak pernah ditanami. Sekiranya di dalam keberadaan kami, Engkau yang penuh kasih setia, sudi menerima kami dan menolong kami menerima diri kami sendiri. Pimpinlah kami kepada hal-hal yang baik dan benar yang tidak dikompromikan dengan keinginan yang tidak berkenan kepada-Mu. Tambahkan segala sesuatu bagi kami, isilah hidup kami dan tolong kami untuk bertumbuh menjadi sempurna seperti Tuhan Yesus.

Jemaat              : Menyanyi KJ No.36:1-2

 

JAMINAN ANUGERAH

Pelayan             : Dan Allah akan mengangkatmu ke atas sayap rajawali, menggendongmu bersama terbitnya fajar, membuatmu bersinar seperti matahari dan tetap menggenggapmu di dalam genggaman tangan-Nya.

Jemaat              : Menyanyi KJ No.376:1-2

 

PUJI-PUJIAN LITANI

P + J                   : Mazmur 1:1-6

 

MADAH SYUKUR : PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

 

PEMBERITAAN SABDA

Penatua             : Berdoa dan membaca alkitab dari …………….

Demikianlah pembacaan firman Tuhan

Pelayan             : Berbahagialah…………

Jemaat              : Menyanyi KJ No.54:1-2

Pelayan             : Berkhotbah

 

TEMBANG SYUKUR PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

 

PENGAKUAN IMAN GMIT

Pelayan             : Bersama semua orang percaya di segala tempat dan waktu, marilah kita menyatakan pengakuan iman kita berdasarkan pengakuan iman GMIT

P + J                   : Kami percaya kepada Allah, Bapa yang Maha Kuasa yang adalah Allah di atas kami yang menciptakan langit dan bumi serta segala sesuatu berpasang-pasangan supaya bersekutu dan saling melengkapi yang mengasuh dan memelihara kami seperti seorang ibu kami percaya kepada Yesus Kristus, Anak Tunggal Bapa Yang adalah Allah di antara kami yang adalah Terang dunia yang benar-benar Allah dan benar-benar manusia yang oleh Roh Kudus lahir seperti kami dari seorang perempuan yang menjadi satu dengan kami dalam suka dan duka yang mempersatukan kami dengan Allah, dengan sesama, dan dengan alam kami. Ia memberikan kabar baik kepada orang miskin memberikan pembebasan kepada orang tertindas menghukum para penindas memberikan penglihatan kepada orang buta bergaul dengan orang-orang hina, mengampuni orang berdosa, memberkati anak-anak, dan menjadikan perempuan dan laki-laki sebagai saksi-saksi-Nya. Dalam Dia pemerintahan Allah yang mendatangkan Damai Sejahtera menjadi nyata. Ia menderita demi kami dan untuk keselamatan kami yang ditolak oleh penguasa yang lalim, ditangkap dan dihakimi dalam pengadilan yang tidak adil. Yang disalibkan demi kami, mati dan dikuburkan seperti kami, yang telah bangkit pada hari minggu dari antara orang mati sebagai sulung kami. Naik ke sorga dan memegang segala kuasa di sorga dan di bumi. Dan akan datang kembali sebagai Hakim yang Agung dalam Kemuliaan.

Kami percaya kepada Roh Kudus, yang adalah Roh Pencipta dan Roh Pendamai, yang adalah Allah di antara kami, yang bekerja bersama kami dan melalui roh kami, yang telah berbicara kepada leluhur dan pendahulu kami, yang berbicara kepada kami. Ia memanggil dan melengkapi kami untuk bersekutu, bersaksi, beribadah, melayani dan menatalayani. Ia memberi hidup baru bagi kami. Menumbuhkan iman, kasih dan pengharapan akan kebangkitan di langit yang baru dan bumi yang baru. Kami mengaku bahwa alkitab adalah firman Allah oleh pekerjaan Roh Kudus. Kami mengaku bahwa gereja adalah rumah Allah, Yesus Kristus adalah tiang induk di dalam rumah itu.

Kami mengaku bahwa dunia adalah ladang kerja Allah. Gereja diutus Allah untuk menghadirkan Syalom Allah dalam dunia.

Kami mengaku bahwa baptisan kudus dan perjamuan kudus memeteraikan kami sebagai milik Allah. Dalam baptisan kudus kami diterima sebagai anggota keluarga Allah. Perjamuan kudus adalah wujud persaudaraan kami dalam Kristus. Bersama dengan mereka yang miskin dan yang menderita. Dalam pengucapan syukur kepada Allah. Kami mau mengiring Yesus. Hidup kudus dan benar, melayani sesama, bekerja dalam dunia. Dan bertekun dalam doa: datanglah, ya Kristus. Amin.

Jemaat              : Menyanyi : Kami Percaya Kami pun Mengaku (Berdasarkan ragam Au a ia mana lolo banda)

Kami percaya kami pun mengaku

Hanyalah Dikau Gembala yang baik

Engkau menuntun kami ke padang rumput hijau

Dan air yang tenang

Kau Tuhan Yesus Gembala setia

 

PERSEMBAHAN SYUKUR

Diaken               : Pujilah Allah yang dari pada-Nya seluruh berkat mengalir.

Pujilah Allah bersama seluruh ciptaan-Nya di sini dari berbagai tempat

Pujilah Allah yang Maha Tinggi, ya Penguasa Sorgawi dan bumi

Jemaat              : Menyanyi KJ No.286:1-dst (persembahan dikumpulkan)

Diaken               : Berdoa mensyukuri persembahan jemaat

 

TEMBANG SYUKUR PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

 

DOA SYAFAAT

Pelayan             : Berdoa dan diakhiri dengan doa Bapa Kami

NYANYIAN PENUTUP

Jemaat              : Menyanyi KJ No.401:1,4

 

PENGUTUSAN

Pelayan             : Pergilah dan beritakanlah kabar baik

Jemaat              : Bahwa Allah mengasihi kita semua

Pelayan             : Bahwa di dalam Kristus kita memperoleh hidup yang baru

Jemaat              : Bahwa alam semesta itu baik dan diciptakan untuk kepentingan kita

Pelayan             : Bahwa kehidupan itu berlimpah sukacita dan segala yang baik

Jemaat              : Kita pergi sebagai umat yang percaya dan mau melayani

Pelayan             : Pergilah dengan berkat dari Allah Sang Pencipta, Penebus dan Pemelihara

 

BERKAT

Pelayan             : TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;  TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Jemaat              : Amin…Amin….Amin….

 

Syalom

Selamat merayakan bulan keluarga 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TATA IBADAH BULAN KELUARGA GMIT

OKTOBER 2012

 

PERSIAPAN

–       Majelis Jemaat berdoa di konsistori

–       Sepasang suami istri mengambil tempat duduk di depan mimbar

Jemaat            : Menyanyi KJ No.4:1-2 (Jemaat berdiri)

 

VOTUM DAN SALAM

Pelayan           : Kebaktian yang kudus ini jadilah kiranya di dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus.

Jemaat            : Amin

Pelayan           : Tuhan besertamu saudara-saudariku

Jemaat            : Dan besertamu juga. (Jemaat duduk)

 

PEMAHAMAN DIRI

Bapak-bapak   : Ya Tuhan sebagai seorang suami, saya sering tidak mengasihi istri saya sebagaimana janji kami pada waktu pernikahan. Saya sering tidak setia kepadanya.

Ibu-ibu             : Ampunilah dosa suami saya, ya Tuhan

Ibu-ibu             : Ya Tuhan sebagai seorang istri, saya sering tidak mengasihi suami saya, sebagaimana janji kami pada waktu pernikahan. Saya sering tidak setia kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *