Tata Ibadah Panen

PERSIAPAN

(Semua petugas ibadah mempersiapkan. Seorang anggota Majelis menyalakan sebuah lilin besar yang di letakkan di meja altar. Pendeta, Anggota Majelis dan petugas ibadah masuk ke ruangan ibadah sambil petugas peniup nafiri meniup nafiri tanda panggilan berbakti. Dilanjutkan dengan bunyi tambur sebagi bukti Tuhan telah datang dan ada. (Jemaat berdiri)

PANGGILAN BERIBADAH:

Pendeta        :  Tuhan Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut gambaran Allah diciptakannya laki-laki dan perempuan.

Jemaat           :  Dan Tuhan melihat segala yang dijadikannya itu amat baik

Pendeta        :  Tuhan memberkati perempuan dan laki-laki dan memberikan kepada mereka, bumi, tanah, laut, darat, air dan udara menjadi makanan kami.

Jemaat           :  Tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohon yang berbuah, segala hewan di darat, laut dan udara menjadi makanan kami.

Pendeta        :  Pujian bagi Tuhan berklenan menyatakan wajah pengasihan-Nya kepada semua orang.

Jemaat           :  sesungguhnya kasih setia Tuhan tak pernah beranjak dari dari orang-orang yang dengan penuh ketekunan bekerja dan mengolah bumi dan tanah ini secara bersama-sama.

P+J                  :  Terpujilah Tuhan Allah atas kebesaran, kekuasaan, kini dan selama-lamanya. Amin.

Jemaat           :  Menyanyi ……………….

 

VOTUM

Pendeta        :  Ya Tuhan kami telah siap untuk memuliakan-Mu syukur bagi Tuhan pencipta langit dan bumi, telah menciptakan manusia perempuan dan laki-laki dan yang telah menyatakan kemuliaan-Nya dan kedamaian-Nya menerangi kami dan semua.

Perempuan : Ya bagi kami kaum perempuan.

Laki-laki         : Dan kami kaum laki-laki

Jemaat           : Semua dan seisi bumi tanah, laut, dan udara dipenuhi dengan berkat sorgawi.

Pdt+ Jemaat   : Amin ya Amin

 

NATS PEMBIMBING

Pendeta        :  Membaca dari PL atau PB

Jemaat           :  Menyanyi ………………

 

PENGAKUAN DOSA

Pendeta        : Ya Tuhan kepala gereja, Engkau telah memberikan berbagai karunia untuk saling melengkapi bagi pekerjaan pelayanan-Mu.

Jemaat           : Namun kesatuan itu belum kami wujudkan dalam harta dan perbuatan kami.

Pendeta        : Ya Tuhan kepada gerejamu, Engkau telah memberikan berbagai karunia, untuk saling melengkapi bagi pekerjaan pelayananmu.

Jemaat           :  Namun kami tidak sungguh-sungguh memakai karunia bagi kepentingan pelayanan-Mu.

Laki-laki         : Kami tidak memakai talenta yang Tuhan berikan untuk memuliakan Tuhan, tetapi hanya untuk menguasai sesama kami.

Perempuan :  Kami tidak dapat melaksanakan pelayanan dengan baik, tidak dapat melaksanakan panggilan-Mu dengan baik, dan tidak dapat mengembangkan sayap pengasihan-Mu karena kami dipandang rendah dan tidak memiliki talenta.

Pendeta        :  Ya Tuhan oleh rahmat–Mu yang besar, kami telah dipanggil dalam persekutuan hidup sebagai anggota keluarga Allah dalam bersehati dan melayani untuk bertumbuh bersama dalam iman dan perbuatan.

Jemaat           : kiranya oleh rahmat-Nya yang begitu besar kami menjadi saluran berkat dalam selamat-Mu.

P+J                  : Tuhan Kasihanilah kami. Amin.

Jemaat           :  Menyanyi …………………….

 

BERITA ANUGERAH TUHAN.

Pendeta        :  Membaca Mazmur 103:6-11

Jemaat           :  Menyanyi ……………………….

 

PS/VG/Solo

 

PEMBERITAAN FIRMAN

Petugas         :  Berdoa dan membaca bagian Alkitab PL/PB

Pendeta        :  Berbahagialah……………..

Jemaat           :  Menyanyi …………………..

Pelayan         :  Berkhotbah

 

PS/VG

 

PENGAKUAN IMAN

Jemaat           :  Menyanyi KJ No.280

 

IKRAR BERSAMA:

Perempuan + laki-laki : Dalam kebersamaan kami mengakui bahwa : Pencipta kami hanyalah satu, yakni Tuhan Allah yang telah menciptakan kami sebagai perempuan dan laki-laki, yang semua sama dan Sederajat di hadapan Tuhan yang serupa dan segambar dengan Tuhan.

Laki-laki         : Bumi yang satu dengan segala isinya.

Perempuan : Diatas bidang tanah ini, kami ditempatkan untuk berpijak di atasnya.

Laki-laki         : Dengan berpeluh kami mencari rezeki di tanah yang Tuhan anugerahkan.

Perempuan :  Kami berusaha mencucurkan butIr-butir mutiara sorgawi yang tersimpan di dalamnya sebagian harta yang terpendam.

Perempuan : Di atas bidang tanah ini kami ditempatkan untuk berpinjak diatasnya.

Laki-laki         : Tanah kering, tanah berduri, dan tanah belukar rimba, kami kerjakan dan tanami, tapi semua usaha dan kerja tak ada arti jikalau kami sendirian menanggungnya. Kami butuh Engkau untuk bekerja bersama-sama.

Perempuan : Kami telah ditentukan untuk bekerja bersama-sama sebagai penolong yang sepadan, bukan sebagai penghibur, bukan pula sekedar seorang pembantu.

Laki-laki         : Dalam kebersamaan, kami membersihkan, kami menanam, kami mengairi dan menyirami benih oleh benih tunggal Yesus Kristus.

Perempuan : Tuhanlah yang menumbuhkan dalam karya agung Yesus Kristus, dan oleh karya kerja roh kudus  membangkitkan dan memberi hidup baru.

Perempuan+Laki-laki: Terpujilah Tuhan yang memberikan kepada kami berkat jasmani dan kehidupan kekal.

Jemaat           :  Menyanyi ………………….

 

PERSEMBAHAN

Diaken           :  Hai suku-suku bangsa dari perempuan dan laki-laki, kepada Tuhan sajalah, kemuliaan dan kekuatan. Berilah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dari hasil bumi dan masuklah ke pelataran–Nya yang kudus. Persembahkanlah dengan penuh sukacita dan tanpa paksaan.

(Berdoa untuk persembahan

Jemaat           :  Menyanyi ……………………

 

DOA SYAFAAT

Pendeta        :  Berdoa

 

PENGUTUSAN

Pelayan         :  Kehidupan nyata telah menanti kita marilah kita songsong dengan tekad untuk menerima perbedaan jenis dalam kebersamaan, dengan hati terbuka diliputi cinta kasih dan untuk bergandengan tangan membina hidup damai sejahtera.

Jemaat           :  Menyanyi …………………………….   (Berdiri berdiri)

 

BERKAT

Pendeta        :  Pergilah dengan sejahtera Tuhan, dan terimalah berkat Allah bagimu: Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu. Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu. Diberkatilah engkau pada waktu  masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar. TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

Jemaat :  Menyanyi:  Amin…………..amin……amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *