Tips Hidup Sehat: Cara Memelihara Kesehatan Jiwa

Memelihara kesehatan jiwa menjadi kewajiban yang tidak dapat dipisahkan dari upaya untuk meraih kesehatan secara menyeluruh. Sebab, kesehatan raga dan kesehatan jiwa merupakan dua dimensi yang saling mempengaruhi. Ketika raga tidak sehat, besar kemungkinan jiwa pun akan menderita. Sementara itu, ketika jiwa tidak sehat, raga pun biasanya akan terbaikan yang pada akhirnya bisa sakit juga. Bagaimana untuk menjaga jiwa agar senantiasa sehat? Berikut adalah tips hidup sehat untuk aspek kesehatan jiwa yang perlu Anda simak.


1. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Kedekatan dengan Tuhan akan membuat jiwa menjadi tenteram. Untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah dan berdoa. Ketenangan jiwa yang didapat dari ibadah dan doa, akan memagari jiwa dari berbagai gangguan yang berpotensi mengganggu kesehatan mental.

2. Bersyukur

Betapa banyak orang yang memiliki segalanya, tetapi tidak pernah merasa bahagia. Mereka didera kecewa yang berkepanjangan karena merasa terlalalu banyak yang belum dimilikinya, ada begitu banyak yang belum diraihnya. Hal ini terjadi karena ada satu hal penting yang dilupakan, yaitu bersyukur. Padahal, dengan bersyukur orang akan menyadari bahwa sedimikian banyak nikmat yang telah dilimpahkan kepadanya. Dengan bersyukur, orang juga akan makin menginsyafi betapa masih banyak orang yang kehidupannya jauh lebih memprihatinkan. Bersyukur akan menjadi senjata ampuh untuk membentengi diri dari ambisi-ambisi yang tiada batas. Dengan bersyukur, hidup akan bertabur kebahagiaan, hingga jiwa pun senantiasa sehat.

3. Berwisata

Rutinitas dan beban hidup kadang terasa begitu menyesakkan jiwa. Kejenuhan datang tanpa dapat dihalangi. Dalam kondisi seperti, emosi negatif akan mudah sekali muncul. Kegiatan berwisata bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang tercinta dapat menjadi terapi bagi jiwa yang tengah tertekan oleh rutinitas sehari-hari. Keasrian alam dapat menenangkan pikiran dan mengembalikan kesegaran jiwa yang sempat hilang.

4. Mengekspresikan cinta

Tips hidup sehat berikutnya untuk menjaga kesehatan jiwa adalah mengekspresikan cinta, baik kepada keluarga, teman, sahabat, sesama, maupun lingkungan sekitar. Cinta dapat diekspresikan melalui berbagai cara, antara lain berbagi, membantu orang yang membutuhkan bantuan, atau memberi perhatian. Berbagi cinta dan kasih sayang akan membuat seseorang merasa bahagia dan kehadirannya membawa manfaat.

5. Mengurangi kegiatan menonton televisi, film, atau game komputer

Banyak isi dari tayangan TV, film, atau game komputer yang membawa efek negatif bagi kondisi kejiwaan. Misalnya, tayangan kekerasann atau beragam konflik. Oleh karena itu, Anda harus selektif memilih tayangan TV atau film. Membaca buku dapat menjadi alternatif pengganti kegiatan menonton TV. Dengan demikian, jiwa Anda akan terjaga kesehatannya.

Mempraktikkan tips hidup sehat untuk memelihara kesehatan jiwa ini akan membantu Anda meraih kesehatan secara menyeluruh, di samping berbagai upaya untuk meraih kesehatan fisik.

sumber:http://ehealthbody.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.