KURSUS BIBLICOMEDIC SEKSOLOGY

KURSUS BIBLICOMEDIK SEXOLOGY

KUPANG-SINODEGMIT.OR.ID, Belakangan ini, kekerasan seksual marak terjadi di mana-mana. Berita pemerkosaan hampir setiap hari menghiasi media massa. Sejumlah pegiat HAM menyerukan Indonesia dalam situasi darurat Kekerasan Seksual. Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mayoritas Kristen tahun ini menempati rangking 5 kasus perkosaan dari 34 provinsi.  Kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan pemahaman Kristen tentang hakikat seksulitas sebagai anugerah Tuhan. Apa itu seksualitas dan bagaimana menjaga kekudusan seksual? Inilah tema besar dari serangkaian topik-topik tentang seksualitas yang dibahas dalam kursus intensif Biblicomedic Sexology yang berlangsung di Aula UKAW mulai 16-18 Agustus 2016.

Pemateri utama dr. Andik Wijaya, M.RepMed, menjelaskan kursus Biblicomedic Sexology merupakan serangkaian materi yang mengintegrasikan antara biblical sexology dan medical sexology. Mempelajari firman Tuhan tetapi sekaligus hal-hal medis yang diharapkan memperlengkapi para orang tua, pendidik, konselor dan pemimpin gereja agar dapat menolong komunitas atau individu yang dilayani terhindar atau mengalami “kemenangan” atas berbagai bentuk jebakan dosa seksual.

Saat ditanyai soal kegunaan kursus ini bagi pelayanan gereja, dr. Andik menuturkan, “Para peserta yang kami latih ini diharapkan saat mereka melakukan pelayanan baik di pemuda, pra nikah, suami-istri termasuk para manula bisa melayani lebih baik dan komrehensif karena mereka memahami dari dua sisi. Sisi Firman Tuhan dan sisi medis.” Dr. Andik yang juga Pendiri YADA institute, menambahkan, pemahaman yang lama yang tidak baik itu akan menimbulkan perilaku yang tidak baik seperti kekerasan seksual pada anak, wanita, pornografi, hubungan sex sebelum menikah dan aborsi sangat terkait dengan pemahaman-pemahaman yang keliru tentang sex yang kemudian menghasilkan perilaku-perilaku yang keliru, sehinggga bila pemahamannya diperbaiki diharapkan perilakunya bisa berubah.

Kursus tahap 3 ini diikuti oleh 103 peserta meliputi, pendeta, utusan dari LSM dan mahasiswa.  Sejumlah topik yang dibahas antara lain; hakikat pria dan wanita, disfungsi seksual pria dan wanita, andopause, menopause kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi wanita, Pria/wanita, pekerjaan dan komunitasnya dan jebakan dosa-dosa seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *