PERNYATAAN SIKAP FORUM PEMUDA KRISTEN NTT CINTA DAMAI TERKAIT KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SABU

FORUM PEMUDA KRISTEN NTT CINTA DAMAI

PERNYATAAN SIKAP

 

Menyikapi peristiwa kekerasan dan kejahatan terhadap anak yang terjadi di Kabupaten Sabu-Raijua pada hari Selasa, 13 Desember 2016 maka kami Forum Pemuda Kristen NTT Cinta Damai menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Menyampaikan rasa empati yang tulus dan mendalam kepada orang tua dan keluarga korban serta mendoakan para korban agar  dapat tertolong dan segera pulih.
  2. Mengutuk dengan keras aksi kejahatan kemanusiaan yang mengakibatkan 7 anak mengalami kekerasan secara sadis di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  3. Menyatakan bahwa peristiwa kekerasan pada anak yang terjadi adalah tragedikemanusiaan yang melampaui batas-batas perikemanusiaan.
  4. Meminta kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan semua pihak agar melakukan proses pemulihan trauma terhadap anak-anak korban kekerasan dan anak-anak lainnya yang berada di lokasi peristiwa.
  5. Meminta kepada Pemerintah dan Penegak hukum untuk melakukan langkah penanganan hukum yang transparan dan tuntas terhadap pelaku kekerasan pada anak, mengungkap motif di balik kejahatan tersebut untuk memenuhi rasa keadilan.
  6. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat se-Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk dapat menghindarkan diri dari berbagai upaya provokasi dalam bentuk apapun yang dapat memperkeruh situasi dan kondisi.
  7. Meminta kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda se-Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk berada di garda terdepan dalam menjaga stabilitas keamanan di masing-masing wilayah dan meredam berbagai gejolak sosial yang mungkin saja terjadi akibat peristiwa kejahatan kemanusiaan tersebut.
  8. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat se-Provinsi Nusa Tenggara Timur agar segera melaporkan kepada pemerintah dan aparat berwajib apabila mengetahui atau menemukan hal-hal yang mencurigakan di tengah masyarakat dan menghindarkan diri dari tindakan main hakim sendiri.
  9. Meminta kepada Pemerintah, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat untuk turut menciptakan suasana aman dan kondusif serta menjamin perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung dalam rasa aman dan damai.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan untuk mendapat perhatian semua pihak.

 

 

Kupang, 13 Desember 2016

FORUM PEMUDA KRISTEN NTT CINTA DAMAI

KETUA BP. PEMUDA GMIT                                          David Natun

KETUA BP.PEMUDA GMIT KLASIS KOTA KUPANG            Erenst Blegur

SEKRETARIS FKPGK KOTA KUPANG                                  Amos B. Rido

KETUA UMUM BRIGADE MEO                                     Pdt. Ady W.F. Ndiy, M.Th

TOKOH PEMUDA                                                          Hermanus Th. Boeky

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *