Bulan Lingkungan: Pemuda GMIT Tanam Pohon dan Bersihkan Sampah

KUPANG, www.sinodegmit.or.id, Memaknai perayaan bulan lingkungan GMIT, Pengurus Pemuda Sinode GMIT mengadakan aksi tanam pohon di jalur 40, kelurahan Manulai dan pembersihan sampah plastik di bantaran kali Dendeng, kali Liliba dan pesisir pantai Nunhila.

Jumlah pohon yang ditanam kurang lebih 400 anakan di lokasi boulevard jalur 40, sepanjang kurang lebih 200 meter. Kegiatan ini dilaksanakan kemarin, Kamis, (18/11), melibatkan sekitar 70 orang pemuda dari klasis Kota Kupang, Kota Kupang Timur dan Kota Kupang Barat.

Sedangkan untuk pembersihan sampah plastik, kata Ketua Pengurus Pemuda Sinode GMIT, Patje Tasuib, melibatkan pemuda lintas denominasi dan agama seperti; pemuda GBI, Muhammadiyah, NU dan Mudika yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat, (19/11).

“Melalui kegiatan ini kami mau membangun kesadaran bersama khususnya di kalangan kaum muda bahwa setiap tindakan yang tidak ramah alam berdampak pada perubahan iklim, sehingga isu lingkungan ini merupakan tanggung jawab semua orang,” ujar Patje.

Sabtu pagi, besok, (20/11), pembersihan sampah akan dilaksanakan di bantaran kali Liliba hingga muara di Oesapa, pukul 05.00 wita.

Selain di wilayah Kota Kupang, lanjutnya, penanaman pohon juga akan dilaksanakan di Kabupaten Kupang yakni; Desa Oenif, Baumata dan Batuna dengan melibatkan warga desa setempat. Tiga daerah ini merupakan daerah tangkapan air sekaligus rawan longsor.

Sebelumnya pada awal November, Kaum Bapak Sinode GMIT juga melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Batubao-Kupang Barat dan Pantai Oesapa, Kota Kupang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *