PGI Imbau Umat Kristen Taati Prokes Pada Masa Advent dan Natal

Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom

KUPANG, www.sinodegmit.or.id, Menjelang perayaan Advent dan Natal 2021, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengimbau umat Kristen khususnya anggota PGI agar menaati Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Imbauan ini disampaikan melalui surat tertanggal 19 November 2021, yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum, Pdt. Gomar Gultom dan Pdt. Jacklevyn Manuputty.

Menurut PGI, pengosongan diri (kenosis) Allah melalui kelahiran Yesus Kristus sejatinya menjadi spirit bagi umat Kristen agar rangkaian ibadah Advent dan Natal 2021 dirayakan tidak berlebihan dan berpotensi mengancam kehidupan bersama melainkan membangun solidaritas dengan sesama yang menderita oleh rupa-rupa bencana alam dan kemanusiaan.

Bercermin dari peristiwa kenosisitu PGI mengimbau Gereja-Gereja Anggota PGI agar:

Pertama, Mendorong warga untuk memprioritaskan penyelenggaraan ibadah dan perayaan Adven, Natal dan Tahun Baru – yang aman dan berkeugaharian, serta memerhatikan kebijakan-kebijakan yang diberlakukan pemerintah dalam upaya mengakhiri pandemi Covid-19 di negeri yang kita cintai ini. Terkait hal tersebut, pengumpulan umat secara ragawi, dan perayaan di rumah-rumah dalam bentuk “open house”– sebaiknya dihindari.

Kedua,Memberi pemahaman kepada keluarga-keluarga Kristen, bahwa keluarga merupakan palungan bagi kelahiran Yesus, sehingga sentrum perayaan Natal sepatutnya ditempatkan pada persekutuan keluarga.

Ketiga,Mendorong warga senantiasa menjadi teladan bagi masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas) dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Keempat,Bersama warga, meningkatkan empati dan solidaritas terhadap para korban bencana alam dan warga masyarakat yang menderita akibat persoalan kemiskinan, diskriminasi dan ketidakadilan. Berkat yang kita terima dari Tuhan, dan sebagai ungkapan syukur atas masa Adven, Natal dan Tahun baru nanti, adalah baik untuk dibagikan kepada mereka yang sangat membutuhkan perhatian dan bantuan kita dalam rangka mengurangi beban dan penderitaannya.

PGI juga mengapresiasi peran nyata gereja-gereja dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, serta keterlibatan dalam membantu sesama yang menjadi korban pandemi dan bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia sepanjang tahun ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *