Pdt. Hendriette Hutabarat-Lebang, Terpilih Sebagai Wakil Asia Presidium WCC

Pdt. Henriette Hutabarat-Lebang (kiri) dan para wakil presidium WCC yang terpilih dalam Sidang Raya WCC di Karlsruhe, Jerman. Sumber Foto: Suara Papua.com

Karlsruhe, Jerman,www.sinodegmit.or.id,Pdt. Dr. Henriette Hutabarat-Lebang terpilih sebagai Wakil Asia dalam Presidium World Council of Churches/Dewan Gereja-gereja se-Dunia (WCC/DGD), untuk periode 8 tahun ke depan.

Pemilihan dilakukan secara voting pada Senin, (5/9), pukul 15.20, waktu setempat di ruang plenary utama General Assembly Dewan Gereja Sedunia, Karlsruhe, Jerman.

Dari 574 pemilik hak suara, 555 di antaranya mengangkat kartu hijau sebagai tanda setuju terhadap 8 nama kandidat yang diusulkan ke peserta. Pdt. Henriette yang akrab disapa Ibu Ery, terpilih sebagai presiden mewakili region Asia.

Pdt. Hendriette Hutabarat-Lebang, adalah teolog Indonesia asal Gereja Toraja. Ia merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), periode 2014-2019.

Sebelumnya ia juga menjabat sebagai anggota Central Committee dan Executive Committee dalam Sidang Raya ke-10 WCC di Busan, Korea Selatan, untuk periode pelayanan 2013-2021, dan General Secretary (Sekjen) Christian Conference of Asia (CCA), pada 2010.

Selain wakil Asia, sidang ini juga memilih tujuh perwakilan lainnya yakni: Pdt. Dr. Rufus Okikiola Ositelu (Afrika), Pdt. Philip Silvin Wright (Karibia dan Amerika Latin), Pdt. Dr. Susan Durber (Eropa), Pdt. Dr. Angelique Walker-Smith (Amerika Utara), Pdt. Dr. François Pihaate (Pasifik), H. E. Metr. Dr. Vasilios (Orthodox Timur), dan H.H Catholikos Aram I (Oriental Orthodox).

Presidium terpilih WCC akan menjalankan fungsinya selama 8 tahun sampai General Assembly berikutnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *