Aset 4,7 Milyar, Kadis Koperasi, UMKM dan Nakertrans NTT Apresiasi Koperasi Kasema

Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2024 Koperasi Kasih Sejahtera Utama
Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2024 Koperasi Kasih Sejahtera Utama, Rabu, (28/2).

KUPANG, www.sinodegmit.or.id, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Nakertrans NTT, mengapresiasi kinerja Koperasi Produsen Kasih Sejahtera Utama (Kopsen Kasema) yang mengalami peningkatan aset senilai 4,7 milyar pada 2023.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota koperasi … selama tahun 2023 telah mencapai banyak hal yang luar biasa, antara lain meningkatnya anggota dari 310 orang menjadi 463, juga meningkatnya omset dari 2 milyar menjadi 4,7 milyar atau 129 persen,” ungkap Rosa Da Lima Djogo, SE., Sekretaris Dinas Koperasi,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. NTT saat membacakan sambutan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Nakertrans NTT, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ketiga tahun buku 2023 Kopsen Kasema.

Ia berharap dengan capaian ini, Kopsen Kasema terus mengupayakan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejateraan anggota dan masyarakat.

Apresiasi senada juga disampaikan Pengawas Puskopdit Bekatigade Timor, Lambertus Hurek, saat menyampaikan sambutan pada acara yang sama.

“Dari segi pertumbuhan aset, ini luar biasa. Pendapatan juga sangat baik. Harapan kita ini terus dipertahankan,” ungkap Hurek.

Dengan peningkatan anggota yang sebagian berprofesi sebagai pendeta, ia berharap dukungan dari mereka dapat menambah jumlah anggota di masa mendatang.

Ia juga mendorong pihak koperasi meningkatkan CUBizPay (aplikasi transaksi keuangan untuk pembelian token listrik, pulsa, dll.,) yang dalam laporan RAT dinilai masih rendah. Padahal menurutnya, layanan ini bisa dioptimalkan sebagai salah satu sumber pendapatan.

Dengan aset senilai 4,7 milyar, RAT 2023 Kopsen Kasema yang baru berusia tiga tahun, mencatat Sisa Hasil Usaha (SHU) senilai 185 juta.

Sebagai lembaga yang berada di bawah naungan Sinode GMIT, Kopsen Kasema juga berkomitmen mendukung pendidikan GMIT melalui diakonia pendidikan bagi sekolah-sekolah GMIT. Tahun 2023, penerima diakonia pendidikan diberikan kepada Yapenkris Poildong-Alor sebesar 10 juta serta persembahan 10% untuk mendukung APB Majelis Sinode GMIT sebesar 18,5 juta.

Bendahara Majelis Sinode GMIT, Pnt. Yefta Sanam, dalam suara gembala juga menyampaikan selamat atas pelaksanaan RAT dan berharap para pendeta dan jemaat-jemaat GMIT mendukung pelayanan Kopsen Kasema agar terus berkembang dan menjadi alat pelayanan gereja.

Ketua Kopsen Kasema, Pdt. Markus Leunupun, M.Th., dalam sambutannya menyampaikan syukur kepada Tuhan dan terima kasih atas dukungan Majelis Sinode GMIT dan Pemda NTT melalui Dinas Koperasi serta Puskopdit Bekatigade Timor yang senantiasa mendampingi upaya peningkatan modal dan kapasitas para anggota.

RAT Kopsen Kasema diawali dengan ibadah, dipimpin Pdt. Melsy Mooy, di gedung kebaktian jemaat Tilon Aknino, Klasis Kota Kupang Barat, Rabu, (28/2). ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *