98 Vikaris GMIT Ikut Pembekalan

KUPANG, www.sinodegmit.or.id, Sebanyak 98 vikaris GMIT mengikuti pembekalan guna persiapan penahbisan pendeta yang akan dilaksanakan pada Juli 2022.

Kegiatan pembekalan tahap pertama telah berlangsung pada Senin-Jumat, (23-27/5), di Jemaat Genezaret Dano Ina, Klasis Kota Kupang Timur. Sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan pada Senin, 30 Mei hingga 11 Juni 2022, di Pusat Pelayanan Misi Terpadu (PPMT) SoE. 

Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pengembangan Personil Majelis Sinode GMIT, Pdt. Diana Oematan-Siahaya, menjelaskan, pembekalan ini dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas vikaris dalam bidang organisasi, pemberdayaan ekonomi, kewirausahaan dan terutama spiritualitas sebelum ditahbiskan menjadi pendeta.

Charles Laa, M.Th, salah satu vikaris yang sebelumnya melayani di Jemaat Suebela Timur, Klasis Rote Tengah, mengatakan pembekalan ini memperlengkapi hal-hal yang belum maksimal diperolehnya selama masa vikariat di jemaat.

“Materi pembekalan terkait organisasi dan administrasi sangat membantu saya sebab di jemaat tempat saya menjalani vikariat tidak ada pendeta sehingga pengalaman dalam aspek itu masih kurang.”

Pengalaman serupa juga diutarakan Vic. Ronianci Lola, M.Th., yang melayani di jemaat Sonkiko, Klasis Amabi Oefeto. Menurutnya, jemaat-jemaat desa pada umumnya terbatas dalam aspek penataan organisasi dan administrasi termasuk di jemaat tempat ia melayani. Akibatnya pengalaman pada aspek ini belum cukup diperoleh pada masa vikariat.

Diharapkan melalui pengalaman pelayanan selama 16 bulan masa vikariat ditambah masa pembekalan kurang lebih tiga minggu, para vikaris yang akan ditahbiskan menjadi pendeta pada Juli mendatang ini, memiliki integritas dan kapasitas kepemimpinan sebagai pelayan sekaligus pimpinan agama di dalam jemaat dan masyarakat. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *