SMK 1 Negeri Kupang Latih Karyawan Administrasi Kantor Majelis Sinode GMIT

KUPANG, www.sinodegmit.or.id, Sepuluh karyawan administrasi Kantor Majelis Sinode GMIT mendapat pelatihan tata kelola administrasi berbasis digital di SMK Negeri 1 Kupang. 

Pendeta Guten Selan, Ketua Unit Pembantu Pelayanan (UPP) Umum dan Kerumahtangaan mengatakan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kapasitas karyawan tersebut fokus pada dua keterampilan yakni kecepatan mengetik (typing speed) dan sharing data antar PC (komputer).

Terkait materi kecepatan mengetik, Didimus Wadu, fasilitator kegiatan ini menjelaskan, kesulitan utama melatih keterampilan mengetik adalah mengubah kebiasaan mengetik dua jari.

“Sulitnya adalah mereka terbiasa mengetik dengan dua jari sehingga untuk mengubahnya butuh waktu lama. Karena itu, dalam pelatihan ini, peserta diberi teori mengenai fungsi masing-masing jari dari kelingking kanan sampai kelingking kiri pada keybord.”

Sementara terkait materi sharing data, peserta dilatih menggunakan kode IP (Internet Protocol Address) pada PC kompoter untuk mengirim data tanpa harus menggunakan jaringan internet.

“Sharing data yang kita maksudkan adalah mengirim data dari satu komputer ke kumputer lain tanpa perlu jaringan internet melainkan memakai kode IP. Syaratnya semua komputer terhubung kabel. Sharing data ini orang membantu orang agar tidak perlu berpindah dari satu ruang ke ruang lain atau dari satu lantai ke lantai yang lain,” ujar Monika Sinla’e, pelatih sekaligus guru SMKN 1 Kupang. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *